Saat Pelantikan Ratusan Pejabat Fungsional, Kang Marhaen: Salam Nol Rupiah

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi saat pelantikan ratusan pejabat fungsional. Foto: Dinas Kominfo Nganjuk

NadiNganjuk.com – Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi melantik 307 pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk pada Rabu (28/9/2022) di Pendopo KRT Sosro Koesoemo. Dalam kesempatan itu, Kang Marhaen menyampaikan salam nol rupiah sebagai komitmen anti pungutan dalam pengangkatan atau mutasi pejabat.

Ia mengungkapkan bahwa dalam reformasi birokrasi, jabatan fungsional berfungsi menciptakan birokrasi yang lebih dinamis dan profesional sebagai upaya peningkatan efektifitas dan efisiensi untuk mendukung kinerja pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

“Pejabat Fungsional punya makna untuk memangkas rentang kendali dan memperpendek rentang pelayanan kepada masyarakat. Birokrasi dapat dilaksanakan menjadi lebih fleksibel dan cepat dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat. Hal itu dilaksanakan oleh jabatan Fungsional yang didasarkan pada keahlian dan keterampilannya,” katanya.

Kang Marhaen berpesan kepada seluruh Pejabat Fungsional yang baru dilantik agar selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Yok kita rubah pola pikir kita! Pejabat, dulu dilayani sekarang harus melayani. ASN di Kabupaten Nganjuk tidak boleh sambat dan harus standby 24 jam melayani masyarakat,” ungkapnya.

Ia menegaskan bahwa dirinya masih berkomitmen dengan slogan nol rupiah dalam pengangkatan pejabat atau mutasi pejabat. “Apalagi saat ini kita membangun Nganjuk dengan transparansi dan akuntable. Kita punya slogan ‘Salam Nol Rupiah’ untuk membangun reformasi birokrasi di Nganjuk,” tegasnya. 

Guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, Kang Marhaen juga meminta Pejabat Fungsional untuk memberikan pelayanan sepenuh hati atau cinta kasih.

“Budayakan komunikasi transformasional, jangan komunikasi transaksional. Artinya, kita bangun komunikasi dari hati ke hati dengan siapapun,” tandasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk Mokhamad Yasin, Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, perwakilan Ketua Komisi I DPRD Nganjuk, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Nganjuk, serta para undangan lainnya. (ADV)

WhatsApp99