KPU Nganjuk Gelar Rakor Daftar Pemilih Berkelanjutan Triwulan III, Ini Tujuannya

Komisioner KPU Nganjuk saat Rakor Daftar Pemilih Berkelanjutan, Senin (26/9/2022). Foto: Istimewa

NadiNganjuk.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Daftar Pemilih Berkelanjutan Triwulan III Tahun 2022 di Ballroom Farrel Hotel, Senin (26/09/2022).  Rakor ini dihadiri berbagai perwakilan dari instansi terkait yang diundang KPU Nganjuk.

Muchiyin, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Nganjuk mengatakan, Rakor ini dilaksanakan sebagaimana salah satu proses untuk melakukan singkronisasi dan sosialisasi hasil Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB).

Ia menyatakan, kegiatan ini dilakukan sesuai amanat Undang-undang Nomor 07 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) Pasal 20 huruf L bahwa KPU kabupaten/kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan

“Selain itu hal ini berdasarkan Peraturan KPU atau PKPU 06 Tahun 2021 Tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan,” katanya kepada NadiNganjuk.com.

Muchiyin menjelaskan, tujuan dari PDPB ini adalah memelihara, memperbaharui dan mengevaluasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu atau pemilihan terakhirsecara terus menerus dan berkelanjutan yang digunakan untuk penyusunan DPT pada Pemilu atau pemilihan berikutnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, hal ini juga bertujuan untuk data dan informasi pemilih berskala nasional dan daerah mengenai data pemilih secara komprehensif, akurat, dan mutakhir.

“Dan juga memutakhirkan data pemilih dengan menggunakan teknologi informasi dengan tetap menjamin kerahasiaan data,” ungkapnya.

Muchiyin menyampaikan, hingga kini data pemilih Kabupaten Nganjuk sudah mencapai 800 ribu lebih. “Persisnya total ada 859.534 terdiri dari 428.639 laki-laki dan 430.895 pemilih yang tersebar di 20 kecamatan se Kabupaten Nganjuk,” tandasnya.

Adapun Rakor kali ini dihadiri Pujiono Ketua KPU Nganjuk dan Yudha Harnanto Komisioner KPU Nganjuk. selain itu hadir pula Sekda Nganjuk M yasin, Abdul Azis Ketua Bawaslu Nganjuk, serta perwakilan dari Kodim 0810 Nganjuk, dan Polres Nganjuk.

Serta pejabat dari Asisten Pemerintahan Kesra Nganjuk, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Nganjuk, Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Nganjuk, Bakesbangpol Nganjuk, Dinas Kesehatan Nganjuk, Badan Pusat Statistik (BPS) Nganjuk, Rutan klas II B Nganjuk, dan para Camat dari 20 kecamatan se Nganjuk. (aji/ oza)

WhatsApp99