Forsis Jatim Gelar Talkshow Hari Santri 2020 di Nganjuk

Kegiatan talkshow yang diadakan DKD Forsis Jatim di Ponpes Darul Ulil Albab, Nganjuk, Kamis (22/10/2020). Foto: Ahmad K-NadiNganjuk.com

NGANJUK, NadiNganjuk.com – Dewan Koordinator Daerah Forum Silahturahmi Santri (DKD Forsis) Jawa Timur menggelar acara puncak peringatan Hari Santri di Pondok Pesantren Darul Ulil Albab, Desa Kelutan, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, Kamis (22/10/2020).

Adapun rangkaian kegiatan yang digelar di Ponpes yang diasuh KH. Kharisudin Aqib ini diawali dengan Apel Peringatan Hari Santri. Selanjutnya, acara talkshow  Hari Santri 2020 menjadi kegiatan kedua, dan diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba menulis cerpen santri dengan tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”.

M Shoim Haris, Ketua Dewan Koordinasi Nasional (DKN) Forsis menyampaikan, Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober memiliki makna yang begitu dalam bagi kalangan ulama dan santri.

Fakta sejarahnya, peran mereka dalam memperjuangkan serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini dari penjajah sudah tersaji dengan kasat mata. Mereka ikut berjuang bahkan mengorbankan nyawa demi mempertahankan kemerdekaan NKRI.

“Peran-peran penting kaum santri dan ulama semakin terlihat jelas dengan dikeluarkannya Resolusi Jihad KH Hasyim Asy’ari. Fatwa sakti dari Mbah Hasyim telah mengobarkan semangat cinta tanah para santri maupun masyarakat pada masa itu. Sehingga mereka melakukan perlawanan habis-habisan kepada penjajah untuk mempertahankan NKRI,” ujar Shoim.

Sementara itu, H Sarmuji, Anggota DPR RI memaparkan, bahwa sesungguhnya pemerintah membuka ruang seluas-luasnya untuk para ulama dan santri guna mengembangkan potensi yang dimiliki. Begitu pula untuk pondok pesatren sebagai tempat pendidikan dalam menimba ilmu.

“Maka perlu kiranya kalangan pesantren, santri, dan ulama memanfaatkan ruang-ruang yang sudah dibuka lebar oleh pemerintah. Tentu harapan kami peluang tersebut bisa bermanfaat dengan baiik untuk santri, pesantren, dan ulama,” kata Sarmuji. (fi/az)

WhatsApp99